Thursday, February 2, 2012

Membuat Mandriva Live USB

Panduan: Membuat Mandriva Live USB

Dalam panduan ini Anda akan dituntun untuk bisa membuat live usb mandriva. Dengan usb ini (flashdisk) Anda bisa menginstall mandriva misal pada netbook yang tidak memiliki drive cd/dvd rom. Disamping itu waktu boot live usb/ flashdisk relatif jauh lebih cepat ketimbang media live CD/DVD.
1. Siapkan usb flashdisk minimal ukuran 1 GB dan livecd mandriva one / iso live cd mandriva one / iso dvd installer mandriva.
2. Download aplikasi mandriva-seed. Tersedia untuk os linux maupun windows. Versi linux: http://kambing.ui.ac.id/iso/mandriva/2010.0/mandriva-seed.sh , versi windows: http://kambing.ui.ac.id/iso/mandriva/2010.0/mandriva-seed-windows.zip
3. Untuk windows tinggal unzip lalu jalankan file executablenya. Untuk linux, silahkan klik kanan – properties, lalu ubah menjadi is executable.
mandriva-usb-01
4. Klik dua kali mandriva-seed.sh
5. Masukkan password root
mandriva-usb-02
6. Klik browse lalu pilih file iso mandriva yang akan di tanamkan ke flashdisk atau pilih “use existing live cd” bila akan menggunakan live cd mandriva one. Di bagian target pilih device flashdisk yang akan anda jadikan live usb.
mandrivausb
7. Klik create live USB
8. Tes, dengan boot from USB saat komputer anda booting.
Alternatif lain bisa menggunakan aplikasi unetbootin – http://unetbootin.sourceforge.net . Panduan tutorial unetbootin bisa lihat disini
Diskusi tentang live usb mandriva:
Tags: ,

http://mandriva-user.or.id/?p=425

No comments:

Post a Comment